Jl. Sarimanis No.1, Sarijadi, Kota Bandung (022) 2011975 sman15bdg@yahoo.com
Artikel

Panitia PPDB SMAN 15 Bandung menandatangani Pakta Integritas

Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah memainkan peran penting dalam memastikan integritas dan transparansi dalam proses seleksi siswa baru. Pada hari Selasa, 28 Mei 2024, langkah signifikan dilakukan di SMAN 8 Kota Bandung dengan penandatanganan pakta integritas oleh panitia PPDB.

Acara penandatanganan ini disaksikan oleh tokoh penting, antara lain Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, serta para kepala sekolah. Kehadiran Pj. Gubernur secara simbolis menegaskan komitmen pemerintah untuk memastikan bahwa proses PPDB berjalan dengan baik dan adil.

Dalam rangkaian kegiatan ini, juga turut hadir PLH Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Drs. M. Ade Afriandi, MT, serta Ketua Umum DPP AKSI, Dr. Asep Tapip Yani, M.Pd. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan terhadap upaya menjaga integritas dalam pelaksanaan PPDB.

Pentingnya acara ini tidak hanya terbatas pada lingkup sekolah itu sendiri. Melalui zoom meeting, kepala sekolah dari seluruh Jawa Barat juga dapat menyaksikan penandatanganan pakta integritas ini. Hal ini menunjukkan bahwa upaya menjaga integritas dalam PPDB bukan hanya tanggung jawab individu atau sekolah, tetapi merupakan komitmen bersama untuk memastikan kesetaraan dan keterbukaan dalam akses pendidikan.

Salah satu tokoh yang turut serta dalam penandatanganan pakta integritas adalah Dr. Toto Suharya, S.Pd., M.Pd., Kepala SMAN 15 Bandung. Dengan tindakan ini, ia tidak hanya memberikan contoh kepemimpinan yang kuat, tetapi juga mengajak seluruh panitia PPDB untuk bertindak dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan arahan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hana Juhana, Wakasek SMAN 15 Bandung, menyatakan kebijakan Pj. Gubernur Provinsi Jawa Barat telah meningkatkan tingkat keteraturan dan keamanan dalam pelaksanaan PPDB. Hal ini tentu memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa proses PPDB berjalan dengan adil dan transparan.

Tidak hanya penandatanganan pakta integritas, tetapi semua layanan terkait PPDB 2024 juga telah diintegrasikan ke dalam aplikasi PPDB Sapawarga. Hal ini memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi terkait PPDB 2024 melalui website resmi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Sosialisasi tentang PPDB 2024 juga telah dilakukan secara luas kepada masyarakat, termasuk melalui pertemuan langsung dan daring. Dalam sosialisasi ini, pengawas pembina dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat turut serta sebagai narasumber, memberikan penjelasan tentang persyaratan dan prosedur yang harus diikuti oleh para calon peserta didik.

Sebagai penutup, penting untuk diingat bahwa integritas dan transparansi dalam PPDB merupakan pondasi yang penting dalam memastikan bahwa setiap anak memiliki akses yang sama terhadap pendidikan. Langkah-langkah seperti penandatanganan pakta integritas dan integrasi layanan melalui aplikasi adalah langkah konkret menuju cita-cita tersebut.

sumber : Panitia PPDB di Sekolah Melaksanakan Penandatanganan Pakta Integritas… – Gora Juara